RANGKUMAN
MATERI BAHASA INDONESIA KELAS VI SD SEMESTER II
A.
MENYIMPULKAN ISI BERITA
Berita dapat diartikan kabar, informasi atau
laporan pers. Berita dapat disampaikan secara lisan ataupun tulisan. Berita
yang disampaikan secara lisan dapat didapatkan melalui media televisi dan
radio, sedangkan berita tertulis bisa didapat dari koran, majalah, buletin,
dsb.
Menyimpulkan adalah mengambil inti dari suatu
bacaan atau berita yang didengar.
Cara menyimpulkan berita :
a. Simaklah
berita dengan sungguh-sungguh
b. Catatlah
gagasan pokok dari berita
c. Simpulkan
gagasan pokok di atas
Gagasan pokok dapat kita ketahui setelah kita
mendapatkan jawaban dari unsur-unsur berikut ini :
What (apa)
When (kapan)
Where (di mana)
Who (siapa)
Why (mengapa)
How (bagaimana)
Unsur diatas di kenal dengan sebutan 5W + 1H
B.
MENYUSUN NASKAH PIDATO
Pidato atau orasi adalah pengungkapan pikiran
dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.
Yang harus diperhatikan saat berpidato adalah :
-
Lafal (pengucapan kata atau kalimat), harus
jelas
-
Intonasi ( tekanan dalam setiap kalimat), harus
tepat.
-
Sikap, harus sopan dan tidak kaku
Ada beberapa cara berpidato
1. Pidato
dengan membaca naskah
2. Pidato
tanpa naskah
3. Pidato
dengan membawa kerangka pidato dan mengembangkannya saat berpidato
Hal yang harus dilakukan sebelum menyusun
kerangka pidato :
·
Menentukan tema
·
Mengetahui untuk siapa pidato itu akan
disampaikan
·
Menentukan pokok-pokok apa saja yang akan
disampaikan
Pokok-pokok yang disampaikan dalam pidato
meliputi :
Γ
Pembukaan
Bagian pembukaan berisi kata pengantar atau
salam pembuka.
Kata pengantar berisi tentang :
-
Khotbah
-
Sapaan kepada peserta dengan salam hormat
-
Memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan
-
Shalawat dan salam atas Rasulullah
Γ
Isi
Bagian isi berisi tentang hal-hal pokok yang
akan disampaikan, dapat berupa informasi, alasan, hiburan, pengaruh dan
pengetahuan.
Γ
Penutup
Bagian penutup berisi tentang :
-
Ucapan terima kasih atas segala perhatian
-
Ucapan maaf bila ada kesalahan kata dalam
berpidato
-
Ucapan kalimat penutup
-
Salam penutup
C.
MEMBACA INTENSIF TEKS
Membaca intensif adalah teknik membaca dengan sungguh-sungguh,
detail, urut dan rinci untuk memahami isi bacaan. Membaca intensif dapat
digunakan untuk menemukan makna tersirat (tersembunyi) maupun tersurat
(tertulis) dalam suatu bacaan.
Makna tersirat adalah makna yang tersembunyi yang terdapat
dalam wacana. Makna itu tidak secara nyata tertulis dalam wacana, namun makna
tersirat dapat diketahui manakala sudah membaca wacana tersebbut dengan tuntas.
Makna tersirat ini tidak akan dijumpai pada kalimat-kalimat yang terdapat dalam
wacana. Makna secara otomatis akan diketahui bila kita sudah membaca wacana itu
dengan cermat.
Membaca intensif juga dapat dilakukan untuk
menemukan ide pokok atau tema suatu bacaan. Membaca intensif berfungsi untuk
mengetahui lebih banyak tentang bacaan, misalnya tentang penulisnya atau
permasalahan yang dibicarakan mulai dari awal sampai akhir.
D.
MENGENAL DRAMA
a) Menceritakan
Isi Drama
Drama adalah lukisan kehidupan dan watak
manusia melalui gerak dan dialog di atas pentas. Ada beberapa hal yang
membentuk sebuah pertunjukan drama, yaitu :
1. Naskah
Drama
Naskah drama biasa disebut dengan skenario.
Naskah drama berisi tentang tema, dialog, plot dan perwatakan tokoh.
2. Pemain
Pemain perempuan dalam drama disebut aktris dan
yang laki-laki disebut aktor.
3. Tempat
Pertunjukan
Tempat pertunjukan drama biasanya di panggung
yang disebut dengan teater
4. Penonton
Penonton adalah salah satu faktor pendukung
dalam drama. Jika tidak ada penonton maka pertunjukan drama tidak akan berjalan
dengan lancar
b) Mengidentifikasi
Unsur Drama
Berbagai unsur dalam drama adalah sebagai
berikut :
1. Tema
Tema merupakan sesuatu yang menjiwai cerita
dalam drama. Tema menjadi dasar dalam bercerita. Jiwa atau ruh sebuah drama
terletak di dalam tema. Tema yang sering dipakai dalam penulisan sebuah drama,
misalnya masalah ketimpangan sosial, keagamaan, kemiskinan, perjuangan,
percintaan, persahabatan, pendidikan, kesederhanaan, dan lain-lain.
2. Tokoh
Tokoh merupakan seseorang yang berperan dalam
sebuah drama. Tokoh dalam sebuah drama masing-masing mempunyai sifat atau watak
yang diungkap oleh penulis naskah.
3. Sifat
atau Watak (Karakter)
Ada tiga cara untuk mengetahui watak atau
karakter tokoh, yaitu :
1) Dari
sikap dan perilaku tokoh tersebut
2) Dari
pembicaraan si tokoh dengan tokoh yang lain
3) Dari
cerita tokoh lain terhadap tokoh tersebut
Watak atau karakter tokoh dapat bermacam-macam,
misalnya jujur, sabar, rajin, hormat, lucu, pemarah, penyayang, dll.
4. Alur
atau Plot
Alur adalah jalan cerita atau kronologi
terjadinya peristiwa dalam cerita. Secara garis besar alur dibagi dua macam,
yaitu :
1) Alur
maju
Alur maju adalah alur yang menceritakan
peristiwa atau suatu kejadian secara urut dari awal sampai akhir
2) Alur
mundur (flash back)
Alur mundur adalah alur yang menceritakan
peristiwa atau suatu kejadian yang dimulai dari akhir cerita kemudian kembali
ke awal cerita
5. Latar/setting
Latar atau setting segala keterangan mengenai
waktu, tempat dan suasana cerita dalam drama tersebut. Latar terbagi atas :
1) Latar
Waktu
Latar waktu merupakan penjelasan tentang waktu
terjadinya peristiwa, misalnya pagi, siang, senja, sore, malam, dll.
2) Latar
Tempat
Latar tempat merupakan penjelasan tentang
tempat terjadinya peristiwa, misalnya di desa, kota, pelabuhan, hutan, sawah,
sekolah, kelas, terminal, dll.
3) Latar
Suasana
Latar suasana meliputi bagaimana suasana saat
peristiwa itu terjadi, misanlnya menggembirakan, menyedihkan, menyenangkan,
mencekama, mengharukan, menakutkan, dll.
6. Amanat
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh
si penulis naskah drama. Pesan ini berupa nilai-nilai moral, hikmah dan nilai
didik yang diharapkan para penikmat drama mampu menerima pesan moral tersebut.
Ada cara mudah untuk memahami isi sebuah drama,
Yaitu :
Γ
Kenali tokoh-tokoh beserta perwatakannya
Γ
Pahami permasalahan yang muncul
Γ
Pahami jalan keluar yang dilakukan tokoh-tokoh
dalam mengatasi permasalahan tersebut
E. MELAPORKAN
ISI BUKU
Langkah
penting yang perlu kita lakukan agar dapat melaporkan isi buku dengan baik
adalah mencatat identitas buku. Identitas buku antara lain meliputi :
v Judul
buku
v Nama
pengarang
v Jumlah
halaman
v Penerbit
v Isi buku
Identitas
buku di atas dapat kita gunakan sebagai acuan dalam melaporkan isi buku. Untuk
itu, kita perlu merangkaikan identitas buku tersebut ke dalam beberapa kalimat
yang jelas dan runtut sehingga mudah dipahami oleh orang lain.
F.
MENULIS SURAT RESMI
Surat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu surat
resmi dan surat tidak resmi. Kedua jenis
surat itu dapat dibedakan berdasarkan hal sebagai berikut :
Surat Resmi
|
Surat Tidak Resmi
|
|
Bentuk
|
Berbentuk
standar
Baku
Ada
beberapa bagian surat yang harus ada, seperti :
-
Kop surat (Untuk instansi)
-
Nomor surat
-
Stempel
|
Berbentuk
bebas
Tidak
baku
Sekehendak
penulis surat (tidak memakai kop surat, nomor surat dan stempel)
|
Bahasa
|
Menggunakan
ragam bahasa baku, seperti, saya, kamu,
saudara, memang, nanti
|
Dapat
menggunakan bahasa tidak baku, seperti gue, lo, emang, ntar, dll
|
Isi
|
Bersifat
kedinasan
|
Bersifat
pribadi
|
Bagian-bagian Surat Resmi
1. Kepala
Surat
Bagian atas surat yang berisi keterangan
tentang nama, alamat, kode pos dan nomor telepon suatu lembaga resmi
pemerintah, kantor atau badan usaha.
2. Tanggal
Pembuatan Surat
Tanggal pembuatan surat ditulis di sebelah kanan
sejajar dengan penulisan nomor surat.
3. Nomor
Surat
Nomor surat terdiri atar nomor surat, kode
suatu lembaga resmi pemerintah atau badan usaha, bulan dan tahun pembuatan
surat. Nomor surat sesuai dengan nomor urut pada agenda surat keluar resmi
pemerintah atau badan usaha tersebut.
4. Lampiran
Di isi dengan angka yang menunjukkan jumlah
lembar atau bendel yang dilampirkan dalam surat tersebut.
5. Perihal
Surat
Perihal surat resmi merupakan inti pokok dari
surat resmi sehingga perihal surat resmi ditulis tebal atau diberi garis bawah
6. Alamat
Surat
Di tulis nama dan alamat lengkap orang atau
pihak yang dituju dari surat tersebut
7. Salam
Pembuka
Salam pembuka diawali huruf kapital, diakhiri
dengan tanda baca koma dan ditulis di sebelah kiri
8. Isi Surat
Memuat isi pokok surat secara lengkap sesuai
dengan perihal surat yang sudah ditulis di atas
9. Salam
Penutup
Salam penutup berisi harapan dan ucapan terima
kasih
10. Jabatan
Ditulis jabatan pengirim surat resmi
G.
MEMBACA PUISI KARYA SENDIRI
Puisi merupakan karangan yang bentuknya terikat dan
bahasanya padat. Jika diperhatikan bentuknya, puisi terikat bait, jumlah larik
tiap bait, adanya sajak/persamaan bunyi, dan irama atau pertentangan bunyi.
Saat membaca puisi, kita harus menggunakan ekspresi. Ekspresi adalah
pengungkapan diri. Ekspresi bisa bermacam-macam, bisa ekspresi menangis saat
sedih, ekspresi tertawa saat senang dan ekspresi bingung saat bingung.
Cara berekspresi yang tepat saat membaca puisi
yaitu sebagai berikut :
a. Pahamilah isi puisi.
b. Berdirilah
dengan tenang
c. Bacalah
dengan ekspresi yang tepat
thanks rangkumannya menarik juga boleh dibaca ya buk!
BalasHapusterima kasih bu, materinya sangat membantu. tapi kalau bisa setiap satu posting berisi 1 bab pembahasan, agar materi yang disampaikan lebih mendetail
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusπ
Hapusthx materinya y bu!!!!!!
BalasHapusJazakillah materinya, bagus sekali untuk reperensi.
BalasHapusThx bngttttt yaaaa......
BalasHapusBagus bngt rangkuman nya neh!!....
Thx bngttttt yaaaa......
BalasHapusBagus bngt rangkuman nya neh!!....
Maaf sebelum nya MEMBAHAYAKAN banget sih tapi....
BalasHapusTapi kurang lengkap GK Ada penerangan tentang isi teks
BalasHapusBagus buat belajar anak anak sd sampe smp
BalasHapusBagus buat belajar anak anak sd sampe smp
BalasHapusBiar pinter
BalasHapusSangat membantu
BalasHapusTerima kasih. Sangat membantu untuk saya yang mau to besok
BalasHapusbagus banget jadi saya tau apa itu 5w+1h
BalasHapusThanks atas rangkumannya
BalasHapusTerimakasih ya buk.. Materinya sudah sangat membantu kami dengan mudah mempelajarinya.
BalasHapusterima kasih bu
BalasHapusTerimakasih ustadzah, sangat membantu ππ
BalasHapusAlhamdulillah,syukron ustadzah ayu....semog sht slalu
BalasHapusAlhamdulillah trims SDH SGT mmbantu anak2,untuk trs giat belajar
BalasHapusijin download
BalasHapusBau
BalasHapusGw lagi try out Terima kasih materinyaπ
BalasHapusTerimakasih ibu....
BalasHapusSangat membantu...π
Izin download ya kak
BalasHapus